Thursday 14 July 2016

Tutorial Ionic Part 2 : Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Framework Ionic


Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Ionic

Baik, kita anjutkan. kita akan bermain di command line dalam memulai pembuatan projek/aplikasi menggunakan ionic. langkah pertama yaitu buka dulu command line (CMD). tentukan direktory/tempat yang akan digunakan untuk menyimpan projek aplikasi yang kita buat. misalkan saya disini akan meletakkan projek kedalam partisi C dengan folder ionic.

setelah kita menuju ke direktory penyimpanan projek ionic, langkah selanjutnya ketik perintah berikut untuk membuat aplikasi ionic.
ionic start demo1 blank

  1. ionic start merupakan perintah untuk membuat projek ionic.
  2. demo1 merupakan nama dari aplikasi ionic yang kita buat.
  3. blank merupakan template yang kita gunakan pada aplikasi ionic-nya.


 tekan n, jika anda tidak ingin membuat akun di ionic lab, dan y jika anda ingin membuat akun ionic lab. berikut tampilan jika aplikasi ionicnya sudah selesai kita buat.

aplikasi ionic siap dibuat, silahkan dicek di rektory yang digunakan pada saat membuat projek.
note : dalam proses membuat projek ionic akan dibutuhkan koneksi dengan internet, dikarenakan projeknya ionic sendiri akan di download.

Template Aplikasi Ionic
Sedikit penjelasan tentang template yang bisa digunakan untuk ionic. ionic sendiri menyediakan tiga jenis template yang bisa digunakan pada saat membuat projek ionic, template tersebut berupa blank, tabs, dan sidemenu. gunakan saja salah satu template ini pada saat mengetik perintah membuat aplikasi ionic. berikut contoh nya :
ionic start demo1 balnk      //untuk template blank
ionic start demo1 tabs       //untuk membuat template tabs
ionic start demo2 sidemenu  //untuk membuat template sidemenu
Membuat Aplikasi Android dengan Ionic
Untuk membuat aplikasi android dengan ionic, kita bisa menambahkan platform android pada aplikasi ionic yang sudah di buat tadinya. begitu juga dengan ios. cara menambahkan platform tersebut yaitu :

1. Masuk ke direktory aplikasi yang sudak kita buat
2. Gunakan perintah berikut untuk menambahkan platform android pada aplikasi ionic
ionic platform add android

Menjalankan Aplikasi Ionic Menggunakan Browser
Membuat projek dan menambahkan platform android sudah kita siapkan. selanjut bagaimana cara untuk menjalankan aplikasi ionic di browser. oke, langkah pertama pastikan dahulu anda command line anda bera di direktory projek ionic. selanjutnya ketikkan perintah berikut di command line :
ionic serve


0 comments

Post a Comment