Wednesday 29 June 2016

Cara mencegah jerawat yang efektif dan alami

CungukBlogger~Timbulnya jerawat sangatlah mengganggu baik bagi remaja maupun orang dewasa. Apalagi proses penyembuhan supaya jerawat sembuh tidaklah mudah dan dapat menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang.
Jadi, daripada kita mengobatinya setelah jerawat itu tumbuh, ada baiknya mencegah jerawat supaya tidak timbul sama sekali di kulit wajah atau badan kita.Berikut adalah Tips pencegahan jerawat yang mudah, alami dan efektif.
Jangan menyentuh kulit muka
Jika kulit sering tumbuh jerawat, maka kemungkinan besar Anda memiliki kecenderungan untuk menyentuh kulit wajah saat tangan tidak bersih. Hindari hal tersebut karena kedua tangan kita mengandung bermacam-macam kotoran dan bakteri yang dapat merangsang tumbuhnya jerawat.
Hindari juga memencet ataupun memecahkan jerawat yang terlanjur sudah ada karena dapat mengakibatkan iritasi dan kulit menjadi luka.


Berolahraga
Kegiatan berolahraga selain menyehatkan tubuh, juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dari kotoran yang tersumbat melalui keringat yang keluar. Selain itu bagi anak muda (ABG), olahraga juga membantu menstabilkan hormon di tubuh yang seringkali menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Membersihkan kulit wajah secara teratur
Bersihkan dan cuci muka secara teratur supaya kotoran tidak menempel supaya dapat mencegah jerawat tumbuh di kulit wajah. Sebaiknya gunakan produk sabun yang memiliki moisturizer & pH netral sehingga kulit tetap lembab dan tidak kering. Tambahan untuk para perempuan yg menggunakan make up, pastikan Anda membersihkan riasan make up diwajah sampai benar-benar bersih sebelum tidur malam.

Rambut yang bersih
Bagi Anda pemilik rambut panjang selalu usahakan supaya rambut tetap bersih dan sebisa mungkin hindari rambut menyentuh / menutupi muka. Jauhkan juga diri Anda dari penggunaan minyak ataupun gel rambut yang bila terkena kulit wajah dapat memblokir pori-pori dan mengiritasi kulit Anda.

Pola makan yang sehat
Cara mencegah jerawat yang juga efektif adalah dengan memilih makanan yang kita konsumsi, karena apa yang kita makan selain mempengaruhi bentuk tubuh ternyata juga mempengaruhi kondisi kesehatan kulit.
 Apabila kita sering memakan makanan yang berlemak tinggi seperti fast food, gorengan, ataupun makanan berminyak lain maka otomatis kondisi tubuh dan kulit akan kelebihan minyak yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat. Jadi batasi makananan yang berminyak / berlemak dan utamakan makanan sehat seperti buah dan sayuran.

0 comments

Post a Comment